TERBENTUKNYA ANGIN & PERUBAHAN CUACA (Aplikasi Fisika)




TERBENTUKNYA ANGIN & PERUBAHAN CUACA


Gaya yang bekerja pada molekul-molekul udara per satuan luasan kolom disebut tekanan udara. Perbedaan tekanan udara pada tempat yang berbeda menyebabkan pergerakan massa udara atau biasa disebut dengan angin. Satuan kecepatan angin yang umum digunakan adalah knots (Northicalmiles) dan satuan arah angin adalah derajat.

Tekanan udara dapat berbeda berdasarkan intensitas panas matahari. Udara yang terkena panas matahari memiliki tekanan yang rendah, sedangkan udara yang tidak terkena panas matahari memiliki tekanan tinggi. Daerah yang memiliki tekanan udara rendah adalah daerah khatulistiwa, dan yang memiliki tekanan udara tinggi adalah daerah kutub.
Berdasarkan Hukum Boys Ballot yang berbunyi “Udara mengalir dari daerah betekanan tinggi menuju daerah yang bertekanan rendah” dapat disimpulkan bahwa aliran udara bergerak dari kutub menuju khatulistiwa. 

Perubahan cuaca awalnya di pengaruhi oleh matahari. Matahari di bumi sebagai peran memanaskan atsmosfer, membuat udara di sekitar bergerak dan juga menggerakkan siklus air, angin. Karena semua itu bergerak bersama-sama membuat panas dan air bergerak mengelilingi bumi untuk membuat pola cuaca. perubahan cuaca juga karena tekanan tinggi dan rendah. Jika lapisan atsmosfer berlubang maka bumi ini akan makin panas, udara yang panas itu berkumpul dan akan naik sehingga udara dingin yang ada di atas akan turun. Udara dingin tersebut  akan menyebabkan tekanan udara yang tinggi, tetapi tekanan udara yang tinggi itu menyebabakan perubahan cuaca menjadi kering.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUKUM dan TEORI ILMIAH (Dasar-Dasar Sains)

Bioetanol

Pembuatan Bandeng Presto dalam Aplikasi Fisika