MESIN UAP (KERETA UAP/PLTU)



MESIN UAP (KERETA UAP/PLTU)

 


Di zaman yang modern ini, sebenarnya sudah tidak relevan lagi jika membicarakan tentang mesin uap. Tetapi sekitar 80%  masih banyak pembangkit listrik yang menggunakan turbin uap. Dan masih berkaitan dengan mesin uap.

Mesin uap termasuk ke dalam golongan pesawat kalor. Terdapat dua jenis pesawat kalor yaitu motor pembakaran dalam (Internal Combustion Engines) yang melakukan proses pembakaran bahan bakar, di dalam alat itu  dan motor pembakaran luar (Eksternal Combustion Engines) yang melakukan proses pembakaran di luar alat tersebut. Proses pembakaran bahan bakar berfungsi untuk merubah tenaga termis menjadi tenga mekanis.

Contoh dari Motor pembakaran dalam adalah motor diesel. Motor diesel merubah tenaga termis hasil pembakaran bahan bakar menjadi tenaga mekanis melalui gerakan berulang dari piston menjadi gerakan memutar dari crank shaft. Proses pembakaran bahan bakar tersebut  terjadi di dalam silinder motor itu sendiri .

Contoh dari Motor pembakaran luar adalah turbin uap dan mesin uap. Mesin uap merubah tenaga potensial dari uap menjadi tenaga mekanis melalui gerakan berulang dari piston menjadi gerakan memutar dari crank shaft. Proses pembakaran dilakukan di luar mesin, yaitu di dalam ketel uap (boiler). Hasil pembakaran di dalam ketel uap tersebut berfungsi untuk memanaskan air menjadi uap bertekanan tinggi yang kemudian akan dialirkan ke mesin uap untuk diubah menjadi tenagan mekanis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUKUM dan TEORI ILMIAH (Dasar-Dasar Sains)

Bioetanol

Pembuatan Bandeng Presto dalam Aplikasi Fisika